Telematika : Video Konferensi dan Video Streaming

Video Konferensi

Konferensi video atau video telekonferensi adalah satu set teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua atau lebih lokasi untuk berinteraksi melalui video dua-arah dan transmisi audio secara bersamaan. ‘Kolaborasi visual’ Ini juga merupakan jenis groupware.

Video monitor dihubungkan dengan kabel telepon, teknologi satelit, atau kabel ground yang memungkinkan individu untuk melakukan “tatap muka” hampir dari belahan dunia manapun. konferensi video juga bisa menyertakan gambar, klip video, dan transmisi data atau dokumen.
Teknologi

Teknologi utama yang memungkinkan dalam telekonferensi adalah codec yang melakukan kompresi secara digital terhadap video dan audio. Nilai perbandingan kompresi bisa mencapai 1:500.

Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem konferensi video meliputi:

* Video input: kamera video atau webcam
* Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
* Audio input: mikrofon
* Audio output: pengeras suara
* Data transfer: melalui media jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet

Pada dasarnya ada dua jenis sistem konferensi video:

1. Sistem terdedikasi mempunyai semua komponen lengkap yang lebih canggih yang dirangkai dalam suatu konsol.
1. Konferensi video kelompok besar: non-portabel, besar, perangkat yang digunakan lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.
2. Konferensi video kelompok kecil: non-portabel atau portabel, lebih kecil, perangkat lebih murah yang digunakan untuk ruang rapat kecil.
3. Konferensi video individual: biasanya perangkat portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.
2. Sistem desktop, yaitu komputer pribadi (pc) yang ditambahkan peralatan pendukung video konferensi. Konferensi video dilakukan melalui komputer yang tersebar, dikenal sebagai e-meeting.

T3 Telepresence high definition conference room; c. 2008 “Courtesy of Corporation”

Video Streaming

Streaming adalah metode penerimaan dan penayangan langsung sebuah data multimedia dari server penyedia layanan ke user bahkan ketika data sedang / belum selesai dikirimkan. Dengan kata lain transmini data audio atau video digital (mendengar atau melihat) tanpa harus menyimpan / mengambil keseluruhan data terlebih dahulu, sebelum selesai download data digital sudah bisa dilihat atau didengar.

Pengertian ini mengacu kepada metode pengiriman bukan kepada media itu sendiri. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula tayangan tersebut dapat diputar. Contohnya adalah konten yang ada pada situs Youtube dan beberapa situs video atau audio streaming lain yang sejenis. Pada awalnya, format yang digunakan adalah QuickTime Movie (ekstensi .mov), sekarang format yang lebih banyak digunakan ialah Flash Video (ekstensi .flv).
Kesimpulan Pembahasan Video Konferensi dan Video Streaming

Video konferensi atau telekonferensi adalah salah satu bentuk alat komunikasi modern memungkinkan dua pihak atau lebih yang terlibat dalam komunikasi untuk bisa saling melihat satu sama lainnya selain bisa saling mendengarkan suara dari masing-masing pihak secara live. Sedangkan video streaming adalah salah satu metode share / berbagi data multimedia melalui jaringan komputer baik intranet maupun internet.

Hal terpenting yang sama antara keduanya adalah sama-sama menggunakan teknologi kompresi yang memungkinkan untuk menghemat bandwidth, meningkatkan kecepatan transfer dan penayangan, dan menghemat media penyimpanan.

Salah satu situs video streaming.

Salah satu situs video streaming.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: